Citra wanita muslimah dalam iklan di televisi (analisis semiotika terhadap iklan Sampo Rejoice dan Sampo Sunsilk)
Anita, Anita (2016) Citra wanita muslimah dalam iklan di televisi (analisis semiotika terhadap iklan Sampo Rejoice dan Sampo Sunsilk). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (730kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (324kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (677kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (859kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (94kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (225kB) | Preview
RIWAYAT HIDUP.pdf - Supplemental Material
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti pada periklanan yang ditayangkan di televisi. Keberhasilan iklan tidak terlepas dari strategi dan teknik penyampaian pesan. Salah satunya dengan menggunakan wanita sebagai objek dalam iklan. Banyak sekali iklan di televisi yang menjadikan wanita sebagai objek dalam iklan. Visualisasi tentang wanita dalam iklan dimanfaatkan untuk menggaet konsumen di tengah-tengah pasar yang sangat tajam persaingannya. Untuk menjelaskan masalah yang akan diteliti, dijabarkan dua rumusan masalah sebagai berikut, pertama apa makna pesan iklan sampo Rejoice versi Citra Kirana dan sampo Sunsilk versi Carla Rizki ? Dan kedua bagaimana wanita muslimah dicitrakan dalam iklan sampo Rejoice versi Citra Kirana dan sampo Sunsilk versi Carla Rizki ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap makna pesan dan bagaimana wanita muslimah dicitrakan dalam iklan sampo Rejoice versi Citra Kirana dan sampo Sunsilk versi Carla Rizki. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif interpretatif dengan pendekatan analisis semiotika Roland Barthes. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Iklan sampo Rejoice versi Citra Kirana dan sampo Sunsilk versi Carla Rizki adalah kedua produk sampo yang mengerti tentang wanita, khususnya wanita berhijab. Iklan sampo Rejoice versi Citra Kirana dan sampo Sunsilk versi Carla Rizki memberikan gambaran terkait wanita muslimah. Kedua iklan memberikan asumsi bahwa wanita muslimah adalah wanita yang bertutur kata lembut. Sifat feminim harus ada pada setiap wanita muslimah, karena itulah yang membedakan antara wanita muslimah dengan wanita umum lainnya. Kedua iklan menunjukkan sifat sederhana harus ada pada wanita muslimah. Kedua iklan juga mengasumsikan wanita muslimah bebas berkarya sesuai kemampuan dan kodratnya. Islam tidak melarang wanita beraktifitas di luar rumah. Kesempatan berpartisipasi di luar rumah juga dianjurkan untuk wanita. Iklan sampo Rejoice versi Citra Kirana dan sampo Sunsilk versi Carla Rizki mencitrakan wanita dalam setiap objek iklannya, yaitu citra pigura dan citra pergaulan. Kedua iklan menampilkan pencitraan tentang wanita muslimah yang beragam, akan tetapi dalam kedua iklan sampo tersebut menghasilkan identitas yang sama, yaitu tentang wanita muslimah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: DR. Hj. Siti Sholihati, MA.; Maya Rini handayani, M. Kom. |
Uncontrolled Keywords: | Wanita muslimah; Semiotika; Iklan; Televisi |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 17 Feb 2017 06:58 |
Last Modified: | 17 Feb 2017 06:58 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6460 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year