Motivasi Belajar Muhadatsah bagi Siswa Kelas Dua (VIII) di Madrasah “Al-Hikmah” Tsanawiyah Islamiyah Pasir Mijen Demak (Studi Komparatif antara Siswa Lulusan MI dan Siswa Lulusan SD)

Albab, Ulwi (2012) Motivasi Belajar Muhadatsah bagi Siswa Kelas Dua (VIII) di Madrasah “Al-Hikmah” Tsanawiyah Islamiyah Pasir Mijen Demak (Studi Komparatif antara Siswa Lulusan MI dan Siswa Lulusan SD). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083211078_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (834kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083211078_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083211078_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083211078_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083211078_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083211078_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083211078_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (50kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini di antara lain yaitu : 1). Mengetahui Bagaimana Motivasi Belajar Muhadatsah bagi siswa kelas dua (VIII) di Madrasah “Al-Hikmah” Tsanawiyyah Al-Islamiyah Pasir Mijen Demak lulusan dari MI, 2). Mengetahui Bagaimana Motivasi Belajar Muhadatsah bagi siswa kelas dua (VIII) di Madrasah ‘Al-Hikmah’ Tsanawiyyah Al-Islamiyah Pasir Mijen Demak lulusan dari SD, 3). Mengetahui Apakah ditemukan Perbedaan Motivasi Belajar Muhadatsah bagi siswa kelas dua (VIII) di Madrasah ‘Al-Hikmah’ Tsanawiyyah Al-Islamiyah Pasir Mijen Demak diantara siswa lulusan dari MI dan siswa lulusan dari SD. Adapun Populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas dua (VIII) di Madrasah “Al-Hikmah” Tsnawiyyah Al-Islamiyah Pasir Mijen Demak pada Tahun Ajaran 2012/2013 M. Yang mana kelas ini di bagi menjadi tiga local yang jumlah siswanya 123 siswa. Dalam penelitian ini sampel yang di ambil yaitu 45% dari jumlah siswa karena jumlah siswanya lebih dari 100, maka jumlah sampelnya adalah 45X123 = 55,35 di globalkan menjadi 56 siswa. Kemudian dibagi menjadi dua antara siswa lulusan MI dan siswa lulusan SD yang jumlahnya masing-masing 28 siswa. Untuk menentukan sampel peneliti menggunakan Sampling Cluster(sampel wilayah) dengan cara mengacak antara siswa lulusan MI dan siswa lulusan SD dengan mengguakan analisis komparatif dan analisis data. Adapun metode yang digunakan untuk mengumpulkan data antara lain yaitu Metode Observasi, Metode Dokumentasi, Metode Angket. Dan berdasarkan hasil penelitian telah diperoleh bahwa Motivasi Belajar Muhadatsah bagi siswa kelas dua (VIII) di Madrasah ‘Al-Hikmah’ Tsanawiyyah Al-Islamiyah Pasir Mijen Demak lulusan dari MI memperoleh nilai rata-rata 73, sedangkan Motivasi Belajar Muhadatsah bagi siswa kelas dua (VIII) lulusan dari SD nilai rata-ratnya adalah 62. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan Motivasi antara siswa lulusan MI dan siswa lulusan SD yang mana siswa lulusan MI lebih tinggi motivasinya dibandingkan siswa lulusan SD di lihat dari nilai rata-rata siswa. Adapun dalam Uji Signifikan ditemukan bahwa nilai to lebih besar di bandingkan nilai tt yaitu : 2,68< 4,911> 2,01. Dan karena nilai to>tt maka ditemukan Perbedaan Motivasi Belajar Muhadatsah bagi siswa kelas dua (VIII) di Madrasah ‘Al-Hikmah’ Tsanawiyyah Al-Islamiyah Pasir Mijen Demak di antara siswa lulusan dari MI dan siswa lulusan dari SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Belajar Muhadatsah; Lulusan MI; Lulusan SD
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 10 Dec 2013 08:19
Last Modified: 10 Dec 2013 08:19
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/810

Actions (login required)

View Item View Item