Pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap pemahaman konsep materi hubungan kalor dengan perubahan wujud benda pada siswa kelas V MI Miftahul Akhlaqiyah Tambakaji Ngaliyan Semarang

Khafidhoh, Nurul (2020) Pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap pemahaman konsep materi hubungan kalor dengan perubahan wujud benda pada siswa kelas V MI Miftahul Akhlaqiyah Tambakaji Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1403096059_Nurul Khafidhoh]
Preview
Text (Skripsi_1403096059_Nurul Khafidhoh)
Skripsi_1403096059_Nurul Khafidhoh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari penggunaan model pembelajaran yang digunakan oleh guru di MI Miftahul Akhlaqiyah tidak bervariasi, sehingga membuat siswa mudah bosan dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap pemahaman konsep siswa kelas V MI Miftahul Akhlaqiyah Tambakaji Ngaliyan Semarang. Pengaruh ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata pemahaman konsep siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan desain True Eksperimental Design. Sempel pada penelitian ini adalah kelas V-A yang terdiri dari 32 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas V-B yang terdiri dari 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara dokumentasi, observasi, dan tes.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Reciprocal Teaching; Pendidikan Fisika; Kalor; Perubahan Wujud; Madrasah Ibtidaiyah; Pemahaman Konsep
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 536 Heat
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Affa Ardhi Saputri
Date Deposited: 22 May 2021 07:20
Last Modified: 03 Jul 2021 01:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12760

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics