Pengaruh persepsi siswa tentang kreativitas guru terhadap prestasi belajar siswa kelas III MI Salafiyah Syafiiyah Hadirul Ulum Tasikrejo Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2021/2022

Utami, Sinta Tri (2022) Pengaruh persepsi siswa tentang kreativitas guru terhadap prestasi belajar siswa kelas III MI Salafiyah Syafiiyah Hadirul Ulum Tasikrejo Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_Lengkap_1803096078_Sinta_Tri_Utami] Text (Skripsi_Lengkap_1803096078_Sinta_Tri_Utami)
Skripsi_1803096078_Sinta_Tri_Utami.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari rendahnya prestasi belajar siswa yang ditandai dengan banyak siswa yang kurang fokus saat mengikuti pembelajaran serta mengalami kebosanan dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui persepsi siswa tentang kreativitas guru di kelas III MI Hadirul Ulum Tasikrejo Kabupaten Pemalang. Mengetahui prestasi belajar siswa kelas III MI Hadirul Ulum Tasikrejo Kabupaten Pemalang. 3) Mengetahui apakah terdapat pengaruh positif antara persepsi siswa tentang kreativitas guru terhadap prestasi belajar siswa kelas III MI Hadirul Ulum Tasikrejo Kabupaten Pemalang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode korelasional. Populasi dan sampel penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III MI Salafiyah Syafiiyah Hadirul Ulum Tasikrejo. Teknik pengumpulan data yaitu angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji korelasi product moment, uji koefisien determinasi, dan uji t.
Berdasarkan hasil perhitungan korelasi product moment menunjukkan nilai rhitung = 0,745 > rtabel = 0,334 maka signifikan antara korelasi dua variabel yaitu antara variabel X dan Y. Pada Uji T thitung 6,417 > ttabel 2,037 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan uji koefisien determinasi sebesar 55,5%. Menunjukan bahwa ada pengaruh persepsi siswa tentang kreativitas guru terhadap prestasi belajar siswa kelas III MI Salafiyah Syafiiyah Hadirul Ulum Tasikrejo Kabupaten Pemalang adalah sebesar 55,5% dan sisanya 44,5% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa; Kreativitas Guru; dan Prestasi Belajar.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 29 Nov 2022 09:35
Last Modified: 29 Nov 2022 09:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18069

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics