Implementasi bermain geometri untuk menstimulasi kecerdasan visual spasial anak usia dini di RA Hj. Sri Musiyarti Ngaliyan

Rindiani, Erra Yuni (2023) Implementasi bermain geometri untuk menstimulasi kecerdasan visual spasial anak usia dini di RA Hj. Sri Musiyarti Ngaliyan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903106026_Erra_Yuni_Rindiani] Text (Skripsi_1903106026_Erra_Yuni_Rindiani)
Skripsi_1903106026_Erra_Yuni_Rindiani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kecerdasan visual spasial merupakan kemampuan seseorang dalam memahami, membayangkan, mengingat ataupun berpikir dalam bentuk visual. Umumnya, anak usia dini antara 4-5 tahun berkembang melalui pemahaman yang mudah pada pembelajarannya. Salah satunya dengan metode bermain geometri yang saya teliti berdampak baik untuk menstimulasi kecerdasan visual spasial anak. Pada penerapannya, perlu diketahui terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan baik dari sudut pandang anak itu sendiri hingga peran pengajar sangat penting untuk mengembangkan kecerdasan visual spasial anak yang sudah diterapkan di kelas A2 Al Kabir RA Hj. Sri Mursiyati.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif lapangan, jenis penelitian deskriftif yang bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis, factual, dan akurat menghasilkan data berupa implementasi pendidik untuk menstimulasi kecerdasan visual spasial anak melalui bermain geometri.
Hasil penelitian ini adalah jumlah anak yang tergabung dalam fase Mulai Berkembang (MB) mengalami penurunan dari 41% menjadi 6%, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 35% menjadi 29%, dan Berkembang Sangat Baik (BSB) meningkat dari 24% menjadi 65%. Artinya, penerapan permainan geometri yang dilakukan berdampak positif atau baik terhadap kecerdasan visual dan spasial anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan visual spasial; Anak usia dini; Bermain geometri; Media pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 29 Jul 2024 09:08
Last Modified: 29 Jul 2024 09:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22913

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics