Pengaruh prestasi belajar bidang studi aqidah akhlak terhadap perilaku sosial peserta didik kelas VIII MTs Tarbiyatul Banin Winong Pati

Lusiana, Eva (2016) Pengaruh prestasi belajar bidang studi aqidah akhlak terhadap perilaku sosial peserta didik kelas VIII MTs Tarbiyatul Banin Winong Pati. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (995kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (859kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana perilaku sosial peserta didik kelas VIII MTs. Tarbiyatul Banin Winong Pati? (2) Bagaimana prestasi belajar peserta didik pada bidang studi aqidah akhlak di MTs. Tarbiyatul Banin Winong Pati? (3) Adakah pengaruh prestasi belajar bidang studi aqidah akhlak terhadap perilaku sosial peserta didik kelas VIII MTs. Tarbiyatul Banin Winong Pati?
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi dan angket untuk memperoleh data variabel X yaitu prestasi belajar bidang studi aqidah akhlak dan variabel Y yaitu perilaku sosial peserta didiik.
Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif. Adapun pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa:
1. Tingkat perilaku sosial peserta didik kelas VIII MTs. Tarbiyatul Banin termasuk dalam kategori cukup dengan nilai yang dicapai peserta didik adalah 80,5 yang terletak pada interval 81-83.
2. Prestasi belajar bidang studi aqidah akhlak peserta didik kelas VIII MTs. Tarbiyatul Banin termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata yang dicapai adalah 83,3 dan terletak pada interval 81-84.
3. Terdapat pengaruh positif antara prestasi belajar bidang studi aqidah akhlak dengan perilaku sosial peserta didik kelas VIII MTs. Tarbiyatul Banin Winong Pati. Hal ini dapat dibuktikan dengan persamaan regresi Ῠ = 17,292 + 0,759X dan hasil garis regresi Freg = 4,704. Bila dibandingkan dengan Ftabel pada taraf signifikan 5% = 4,18, maka Freg adalah lebih besar. Sehingga dapat dinyatakan bahwa prestasi belajar bidang studi aqidah akhlak berpengaruh terhadap perilaku peserta didik. Dengan demikian hasilnya dinyatakan signifikan dan hipotesis yang diajukan diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Ibnu Hadjar, M. Ed.; Drs. H. Muslam, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar; Aqidah-akhlak; Perilaku sosial
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 Disiplin siswa; pengharagaan siswa
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 24 Nov 2016 07:25
Last Modified: 24 Nov 2016 07:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6121

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics