Efektifitas penggunaan pendekatan outdoor learning terhadap hasil belajar IPA kelas IV semester II materi pokok Energi dan Perubahannya di SD Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang tahun pelajaran 2015/2016

Zemi, Rifiani (2016) Efektifitas penggunaan pendekatan outdoor learning terhadap hasil belajar IPA kelas IV semester II materi pokok Energi dan Perubahannya di SD Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (721kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (365kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi selama ini pengajaran pendidikan IPA lebih banyak dilakukan di dalam kelas dan peserta didik kurang dilibatkan dalam kegiatan yang sebenarnya. Kondisi pembelajaran yang relatif menyebabkan kebosanan belajar bagi peserta didik. Pendekatan Outdoor Learning merupakan salah satu alternatif dalam proses pembelajaran yang melibatkan peserta didik menyatu dengan alam.
Permasalahan: Apakah Pendekatan Outdoor Learning Efektif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Semester II Materi Pokok Energi dan Perubahannya di SD Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang Tahun Pelajaran 2015 / 2016 ? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Kelas eksperimen menggunakan pendekatan Outdoor Learning dan kelas kontrol menggunakan metode konvensional.
Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikan = 5% diperoleh
thitung= 2,328 sedangkan t tabel= 1,672. Karena thitung>ttabel maka berarti rata-rata hasil belajar peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan metode Outdoor Learning lebih baik dari peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan metode konvensional.
Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen (Outdoor Learning) = 81, 552 dan kelas kontrol = 74, 667. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik yang diberikan pembelajaran Outdoor Learning lebih efektif pada mata pelajaran IPA materi energi dan perubahannya kelas IV SD Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Outdoor learning; Hasil belajar; Ilmu Pengetahuan Alam (IPA); Sains untuk pendidikan dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 15 Dec 2016 00:13
Last Modified: 09 Dec 2021 09:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6207

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics