Studi korelasi antara keaktifan mengikuti kegiatan IPNU-IPPNU dengan prestasi belajar PAI siswa-siswi kelas VIII SMP N 03 Reban Kabupaten Batang tahun pelajaran 2015-2016
Rohimin, Nur (2016) Studi korelasi antara keaktifan mengikuti kegiatan IPNU-IPPNU dengan prestasi belajar PAI siswa-siswi kelas VIII SMP N 03 Reban Kabupaten Batang tahun pelajaran 2015-2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (913kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (247kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (549kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (426kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (629kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (80kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (225kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (2MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas Korelasi antara Keaktifan Mengikuti Kegiatan IPNU IPPNU dengan Prestasi Belajar PAI Siswa-siswi Kelas VIII SMP N 3 Reban Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2015-2016. Penelitian ini bertujan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimanakah tingkat keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan IPNU IPPNU di SMP N 3 Reban?, (2) Bagaimanakah prestasi belajar PAI siswa kelas VIII SMP N 3 Reban?, (3) adakah korelasi atau hubungan antara keaktifan mengikuti kegiatan IPNU IPPNU dengan prestasi belajar PAI siswa SMP N 3 Reban?.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan di lapangan atau pada responden. Populasi penelitian ini sebanyak 40 responden yang terdiri dari siswa-siswi kelas VIII yang aktif dalam kegiatan IPNU IPPNU baik pengurus maupun tidak. Penelitian ini menggunakan penelitian populasi karena jumlah responden kurang dari 100. Pengumpulan data menggunakan angket untuk mengetahui tingkat kekaktifan mengikuti kegiatan IPNU IPPNU dan nilai UAS semester I untuk mengetahui prestasi belajar PAI siswa. Sedangkan pengumpulan data pendukungnya menggunakan metode wawancara, observasi dan studi dukomentasi.
Data penelitian yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi product moment. Penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan IPNU IPPNU di SMP N Reban Kabupaten Batang pada tahun pelajaran 2015-2016 termasuk dalam kategori aktif dengan rata-rata nilainya 48,475 pada interval 45,33 – 51,67 dan standar deviasi 6,34. (2) Prestasi belajar PAI siswa kelas VIII SMP N 3 Reban kabupaten Batang termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata 87,65 pada interval 84,42-90,88 dan standar deviasinya 6,4. (3) Terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara keaktifan mengikuti kegiatan IPNU IPPNU dengan prestasi belajar PAI siswa-siswi SMP N 3 Reban kabupaten Batang pada tahun pelajaran 2015-2016. Hal tersebut berdasarkan data yang telah diperoleh dimana rxy = 0,824 lebih besar dari pada rtabel dengan taraf signifikansi 5% yaitu rtabel = 0,312 dan rtabel dengan taraf signifikansi 1% yaitu rtabel = 0,403, sehingga rxy > rtabel, maka hipotesis diterima, yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel X (keaktifan mengikuti kegiatan IPNU IPPNU) dengan variabel Y (prestasibelajar PAI siswa-siswi SMP N 3 Reban).
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Prof. Dr. H. Moh Erfan Soebahar, MA.; Drs. H. Jasuri, M.S.I. |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam; Organisasi keagamaan; Prestasi belajar |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 29 Mar 2017 08:03 |
Last Modified: | 29 Mar 2017 08:03 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6630 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year