Efektifitas model pembelajaran realistic mathematic education (RME) terhadap hasil belajar siswa pada materi pecahan di kelas III MI Ma’arif NU 1 Baleraksa Karangmoncol Purbalingga tahun pelajaran 2015/2016
Kartikawaty, Sabrina (2016) Efektifitas model pembelajaran realistic mathematic education (RME) terhadap hasil belajar siswa pada materi pecahan di kelas III MI Ma’arif NU 1 Baleraksa Karangmoncol Purbalingga tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1. COVER.pdf - Accepted Version
Download (551kB) | Preview
2. BAB I.pdf - Accepted Version
Download (386kB) | Preview
3. BAB II.pdf - Accepted Version
Download (562kB) | Preview
4. BAB III.pdf - Accepted Version
Download (433kB) | Preview
5. BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (393kB) | Preview
6. BAB V.pdf - Accepted Version
Download (223kB) | Preview
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (195kB) | Preview
8. LAMPIRAN.pdf - Additional Metadata
Download (1MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas efektifitas model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap hasil belajar siswa. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan efektif atau tidaknya model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika materi Pecahan kelas III MI Ma’arif NU 1 Baleraksa? Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif bentuk komparasi. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas III MI Ma’arif 1 Baleraksa yang terdiri dari 2 kelas. Kelas III A terdiri dari 29 siswa
kelas eksperimen dan kelas III B terdiri dari 30 siswa ebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes (Multiple Choice Test) untuk mendapatkan data hasil belajar siswa dan metode dokumentasi untuk mendapatkan daftar siswa yang termasuk dalam populasi, silabus, RPP, dll. Kajian ini menunjukkan bahwa: efektifitas model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap hasil belajar siswa. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-test. Berdasarkan penghitungan t-test dengan taraf signifikan 5% diperoleh
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Realistic mathematic education (RME); Hasil belajar; Pembelajaran matematika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Arman Khairon |
Date Deposited: | 05 Jun 2017 02:47 |
Last Modified: | 26 Jun 2021 03:32 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6938 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year