Hubungan persepsi siswa tentang kreativitas guru dalam mengelola kelas terhadap prestasi belajar siswa kelas V di MIN Sumurrejo Semarang tahun pelajaran 2015/2016
Rosada, Fina Amrina (2016) Hubungan persepsi siswa tentang kreativitas guru dalam mengelola kelas terhadap prestasi belajar siswa kelas V di MIN Sumurrejo Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
cover.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
bab 1.pdf - Accepted Version
Download (179kB) | Preview
bab 2.pdf - Accepted Version
Download (427kB) | Preview
bab 3.pdf - Accepted Version
Download (589kB) | Preview
bab 4.pdf - Accepted Version
Download (656kB) | Preview
bab 5.pdf - Accepted Version
Download (277kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (221kB) | Preview
Lampiran.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan
persepsi siswa tentang kreativitas guru dalam mengelola kelas
terhadap prestasi belajar siswa kelas V di MIN Sumurrejo Semarang
tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan teknik
sampling non-probability sampling yaitu populasi menjadi sampel
dalam penelitian, dengan teknik analisis kuantitatif. Subyek penelitian
adalah seluruh siswa kelas V MIN Sumurrejo Semarang sebanyak 41
responden. Dari data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif
antara persepsi siswa tentang kreativitas guru dalam mengelola kelas
terhadap prestasi belajar siswa kelas V MIN Sumurrejo Semarang. Hal
ini dapat dibuktikan dengan uji hipotesis dengan menggunakan
korelasi product moment dapat diketahui bahwa pada taraf
signifikan 5% menunjukkan nilai 5,
maka signifikan. Hasil tersebut menunjukkan berarti
terdapat korelasi antara persepsi siswa tentang kreativitas guru
dalam mengelola kelas terhadap prestasi siswa kelas V MIN
Sumurrejo Semarang.
Dari data diatas, koefisien determinasi yang diperoleh =
0,650 Hal ini menunjukkan bahwa variabel (X) persepsi siswa
tentang kreativitas guru dalam mengelola kelas (Y) prestasi
belajar siswa V MIN Sumurrejo Semarang adalah sebesar
65,00%. adapun sisanya 35,00% dipengaruhi faktor lain yang
tidak diteliti dalam penelitian ini.
vi
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan
informasi dan masukan bagi para guru maupun orang tua, terutama
dalam memberikan dorongan dan semangat kepada para siswa agar
senantiasa meningkatkan belajarnya. Bagi akademika dan semua
pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan
Keguruan UIN Walisongo Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas guru; Pengelolaan kelas; Prestasi belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Arman Khairon |
Date Deposited: | 05 Jun 2017 03:05 |
Last Modified: | 04 Dec 2021 03:24 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6953 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year