Hubungan persepsi siswa tentang intensitas bimbingan membaca Al-Qur’an oleh guru dengan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas IV MI Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2015/2016

Sa'adah, Ana (2016) Hubungan persepsi siswa tentang intensitas bimbingan membaca Al-Qur’an oleh guru dengan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas IV MI Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of cover_dll.pdf]
Preview
Text
cover_dll.pdf - Cover Image

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB I revisi.pdf]
Preview
Text
BAB I revisi.pdf - Accepted Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of BAB II revisi.pdf]
Preview
Text
BAB II revisi.pdf - Accepted Version

Download (641kB) | Preview
[thumbnail of BAB III revisi.pdf]
Preview
Text
BAB III revisi.pdf - Accepted Version

Download (327kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV revisi.pdf]
Preview
Text
BAB IV revisi.pdf - Accepted Version

Download (718kB) | Preview
[thumbnail of BAB V revisi.pdf]
Preview
Text
BAB V revisi.pdf - Accepted Version

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka revisi.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka revisi.pdf - Bibliography

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of lampiran belakang revisi.pdf]
Preview
Text
lampiran belakang revisi.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bimbingan membaca al-Qur‟an sangat dibutuhkan oleh peserta didik. Seorang guru dapat mengarahkan, mengajari peserta didik membaca al-Qur‟an dengan memperhatikan makhraj, tajwid dan tanda waqaf yang sesuai dengan kaidah ketentuan membaca al-Qur‟an, sehingga peserta didik mampu mengembangkan kemampuannya dalam membaca al-Qur‟an yaitu dapat membacanya dengan baik, benar, lancar dan juga fasih. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dan membahasnya dalam bentuk skripsi yang berjudul “Hubungan Persepsi Siswa tentang Intensitas Bimbingan Membaca al-Qur‟an oleh Guru dengan Kemampuan Membaca al-Qur‟an Peserta Didik Kelas IV MI Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2015/2016”.
Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui adakah Hubungan Persepsi Siswa tentang Intensitas Bimbingan Membaca al-Qur‟an oleh Guru dengan kemampuan membaca al-Qur‟an peserta didik kelas IV MI Gondang. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah seberapa besar hubungan intensitas bimbingan membaca al-Qur‟an oleh guru dengan kemampuan membaca al-Qur‟an peserta didik kelas IV MI Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2015/2016?
Sampel dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas IV MI Gondang yang berjumlah 31 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket atau kuesioner, tes dan dokumentasi.
vi
Kemudian teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis korelasi product moment.
Berdasarkan hasil analisis statistik diperoleh sebesar 0,465 yang selanjutnya dikonsultasikan dengan pada taraf signifikansi 5% dengan N=31 adalah 0,355. Dapat diartikan > dan menunjukkan bahwa hubungan tersebut masuk pada kriteria sedang yaitu pada interval koefisien 0,400-0,599. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara variabel x dengan variabel y. Langkah selanjutnya melihat signifikansi koefisien korelasi dengan uji t. Berdasarkan hasil uji t diperoleh sebesar 2,828 yang dikonsultasikan dengan 1,699. Dapat ditarik kesimpulan > , yang artinya terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang intensitas bimbingan membaca al-Qur‟an oleh guru dengan kemampuan membaca al-Qur‟an peserta didik kelas IV MI Gondang kecamatan Wonopringgo kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2015/ 2016. Maka dengan demikian ditolak dan diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan, membaca Al-Qur’an, guru, peserta didik, Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 20 Apr 2017 07:59
Last Modified: 04 Dec 2021 03:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6750

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics