Hubungan persepsi siswa tentang intensitas bimbingan membaca Al-Qur’an oleh guru dengan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas IV MI Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2015/2016
Sa'adah, Ana (2016) Hubungan persepsi siswa tentang intensitas bimbingan membaca Al-Qur’an oleh guru dengan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas IV MI Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
cover_dll.pdf - Cover Image
Download (2MB) | Preview
BAB I revisi.pdf - Accepted Version
Download (257kB) | Preview
BAB II revisi.pdf - Accepted Version
Download (641kB) | Preview
BAB III revisi.pdf - Accepted Version
Download (327kB) | Preview
BAB IV revisi.pdf - Accepted Version
Download (718kB) | Preview
BAB V revisi.pdf - Accepted Version
Download (269kB) | Preview
Daftar Pustaka revisi.pdf - Bibliography
Download (127kB) | Preview
lampiran belakang revisi.pdf - Accepted Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Bimbingan membaca al-Qur‟an sangat dibutuhkan oleh peserta didik. Seorang guru dapat mengarahkan, mengajari peserta didik membaca al-Qur‟an dengan memperhatikan makhraj, tajwid dan tanda waqaf yang sesuai dengan kaidah ketentuan membaca al-Qur‟an, sehingga peserta didik mampu mengembangkan kemampuannya dalam membaca al-Qur‟an yaitu dapat membacanya dengan baik, benar, lancar dan juga fasih. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dan membahasnya dalam bentuk skripsi yang berjudul “Hubungan Persepsi Siswa tentang Intensitas Bimbingan Membaca al-Qur‟an oleh Guru dengan Kemampuan Membaca al-Qur‟an Peserta Didik Kelas IV MI Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2015/2016”.
Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui adakah Hubungan Persepsi Siswa tentang Intensitas Bimbingan Membaca al-Qur‟an oleh Guru dengan kemampuan membaca al-Qur‟an peserta didik kelas IV MI Gondang. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah seberapa besar hubungan intensitas bimbingan membaca al-Qur‟an oleh guru dengan kemampuan membaca al-Qur‟an peserta didik kelas IV MI Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2015/2016?
Sampel dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas IV MI Gondang yang berjumlah 31 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket atau kuesioner, tes dan dokumentasi.
vi
Kemudian teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis korelasi product moment.
Berdasarkan hasil analisis statistik diperoleh sebesar 0,465 yang selanjutnya dikonsultasikan dengan pada taraf signifikansi 5% dengan N=31 adalah 0,355. Dapat diartikan > dan menunjukkan bahwa hubungan tersebut masuk pada kriteria sedang yaitu pada interval koefisien 0,400-0,599. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara variabel x dengan variabel y. Langkah selanjutnya melihat signifikansi koefisien korelasi dengan uji t. Berdasarkan hasil uji t diperoleh sebesar 2,828 yang dikonsultasikan dengan 1,699. Dapat ditarik kesimpulan > , yang artinya terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang intensitas bimbingan membaca al-Qur‟an oleh guru dengan kemampuan membaca al-Qur‟an peserta didik kelas IV MI Gondang kecamatan Wonopringgo kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2015/ 2016. Maka dengan demikian ditolak dan diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan, membaca Al-Qur’an, guru, peserta didik, Madrasah Ibtidaiyah |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Arman Khairon |
Date Deposited: | 20 Apr 2017 07:59 |
Last Modified: | 04 Dec 2021 03:43 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6750 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year