Pengaruh Konsep Diri dan Minat terhadap Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV dan V SD Negeri Selomarto II Kecamatan Giriwoyo Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2011/2012
Masrifah, Tri (2012) Pengaruh Konsep Diri dan Minat terhadap Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV dan V SD Negeri Selomarto II Kecamatan Giriwoyo Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083911010_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (700kB) | Preview
083911010_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (36kB) | Preview
083911010_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (106kB) | Preview
083911010_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (79kB) | Preview
083911010_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (320kB) | Preview
083911010_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (52kB) | Preview
083911010_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (21kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh konsep diri terhadap motivasi belajar Matematika peserta didik kelas IV dan V di SD Negeri Selomarto II Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2011/2012. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh minat terhadap motivasi belajar matematika peserta didik kelas IV dan V di SD Negeri Selomarto II Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2011/2012. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh secara bersama-sama antara konsep diri dan minat terhadap motivasi belajar Matematika peserta didik kelas IV dan V di SD Negeri Selomarto II Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2011/2012.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi yang dipilih adalah seluruh peserta didik kelas IV dan V SD Negeri Selomarto II, yaitu kelas IV sebanyak 28 peserta didik, dan kelas V sebanyak 22 peserta didik.
Untuk mendapatkan data yang diperlukan untuk penelitian ini penulis menggunakan angket langsung, artinya daftar pertanyaan harus dijawab oleh peserta didik sendiri. Data yang diperoleh di olah dengan analisis Korelasi Product Moment, Regresi Tunggal dan Regresi Ganda. Dari hasil perhitungan yang telah dilakukan di peroleh nilai ini berarti menunjukkan bahwa H1 di terima dan H0 di tolak. Kemudian juga di peroleh nilai t = 2,553. Harga ini dikonsultasikan dengan α = 5% di peroleh nilai ttabel = 2,000, dengan demikian t > ttabel. Ini berarti konsep diri berpengaruh terhadap motivasi belajar matematika sehingga H0 di tolak atau H1 di terima. Kemudian nilai ini berarti menunjukkan bahwa H1 di terima dan H0 di tolak. Kemudian juga di peroleh nilai t = 2,234. Harga ini dikonsultasikan dengan α = 5% di peroleh nilai ttabel = 2,000, dengan demikian t > ttabel. Ini berarti minat berpengaruh terhadap motivasi belajar matematika sehingga H0 di tolak atau H1 di terima. Kemudian diperoleh nilai ini berarti menunjukkan bahwa H1 di terima dan H0 di tolak. Kemudian dilakukan uji signifikansi dengan uji F di peroleh nilai Fhitung = 5,822. Harga ini dikonsultasikan dengan α = 5% dengan dk pembilang 2 dan dk penyebut 47, di peroleh nilai Ftabel = 3,19, dengan demikian Fhitung > Ftabel ini berarti konsep diri dan minat berpengaruh terhadap motivasi belajar matematika sehingga H0 di tolak atau H1 di terima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep Diri dan Minat; Motivasi Belajar; Matematika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Arman Khairon |
Date Deposited: | 14 Dec 2013 04:20 |
Last Modified: | 14 Dec 2013 04:20 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/917 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year