Pengaruh minat belajar pada pelajaran matematika terhadap prestasi belajar peserta didik mata pelajaran matematika kelas IV MI Sultan Fatah Demak tahun ajaran 2015/2016
Retno, Lisa Kamranti (2016) Pengaruh minat belajar pada pelajaran matematika terhadap prestasi belajar peserta didik mata pelajaran matematika kelas IV MI Sultan Fatah Demak tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
123911062_lampiran depan.pdf - Cover Image
Download (1MB) | Preview
123911062_BAB I.pdf - Accepted Version
Download (316kB) | Preview
123911062_BAB II.pdf - Accepted Version
Download (513kB) | Preview
123911062_BAB III.pdf - Accepted Version
Download (418kB) | Preview
123911062_BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (688kB) | Preview
123911062_BAB V.pdf - Accepted Version
Download (132kB) | Preview
123911062_Daftar Pustaka.pdf - Bibliography
Download (217kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika di MI Sultan Fatah Demak.
Secara teori yang dimaksud dengan minat belajar adalah kecenderungan untuk selalu memperhatikan dan mengingat sesuatu secara terus menerus. Sedangkan prestasi belajar adalah hasil nilai siswa yang dicapai dalam prses pembelajaran yaitu nilai hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika, jadi penelitian ini terfokus pada mata pelajaran matematika.
Penelitian ini dilaksanakan di MI Sultan Fatah Demak, pada bulan April – Mei 2016 yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah siswa MI Sultan Fatah Demak kelas IV dengan jumlah 32 orang.
Data tentang pengaruh minat belajar pada pelajaran matematika terhadap prestasi belajar peserta didik mata pelajaran matematika diperleh berdasarkan angket yang diisi oleh siswa. Metode perhitungan dengan menggunakan rumus regresi linier diperleh persamaan regresi Y ̂ = 55,827 + 0,382X dan hasil garis regresi Freg = 12,868. Bila dibandingkan dengan Ftabel pada taraf signifikan 5% = 4,17, maka Freg adalah lebih besar. Sehingga dapat dinyatakan bahwa minat belajar peserta didik pada pelajaran matematika berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik mata pelajaran matematika.
Dengan demikian hasilnya dinyatakan signifikan dan hipotesis yang diajukan diterima. Dan besar koefisien determinasi yang menunjukkan besarnya pengaruh minat belajar matematika terhadap prestasi belajar peserta didik mata pelajaran matematika sebesar r2 = 0,3001 atau senilai dengan 30,01%, dapat dikatakan bahwa minat belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar peserta didik mata pelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat belajar; Pembelajaran matematika; Prestasi belajar; Matematika untuk pendidikan dasar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Arman Khairon |
Date Deposited: | 02 May 2017 06:53 |
Last Modified: | 04 Dec 2021 02:18 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6790 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year