Browse by Supervisors
Thesis
Saputra, Cahya Reha (2023) Pengaruh model learning cycle 5E dengan strategi question student have terhadap kemampuan berpikir kritis dan keterampilan bertanya siswa pada pembelajaran biologi kelas XI SMA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Hendrika, Tasya Putri (2023) Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan higher order thinking skills dan self regulation peserta didik kelas XI SMA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Zulhaida, Munifatul Mahfud (2023) Pengaruh model pembelajaran search, solve, create, and share (SSCS) terhadap kemampuan literasi digital dan keterampilan pemecahan masalah siswa kelas XI SMAN 1 Ungaran. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Waqi'ah, Waqi'ah (2023) Pengembangan media pembelajaran P Sel bermuatan karakter nilai-nilai Islami pada materi pembelahan sel untuk menunjang kemampuan literasi digital peserta didik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Oktavia, Ani (2023) Pengaruh model pembelajaran point counter point berbantu media pop up book terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi peserta didik pada pembelajaran biologi kelas X MA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Almarham, Muhammad Naim (2023) Pengaruh model problem based learning berbasis etnosains terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi tertulis pada materi organ reproduksi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Nuryaningsih, Suci (2022) Implementasi pembelajaran biologi berbasis sekolah siaga kependudukan kelas X di SMAN 6 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Falakh, Fajrul (2022) Pengembangan petunjuk praktikum virtual laboratorium (VILAB) berbasis mobile learning materi metabolisme kelas XII SMAN 01 Kayen. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Alfiyyana, Winda (2022) Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan kolaborasi dan self-efficacy siswa kelas X MIPA MAN 2 Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Dzulfikri, Rais (2022) Pengembangan petunjuk praktikum biologi dengan pendekatan MIKIR untuk melatih Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa di SMA Negeri 1 Demak kelas XI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Hamidah, Romzatul (2022) Analisis pelaksanaan praktikum biologi daring SMA/MA negeri di Kabupaten Blora. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Arifiyyati, May Firdaw (2022) Hubungan kemampuan literasi sains dengan higher order thinking skills dan self-efficacy dalam pembelajaran biologi siswa kelas XI SMA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Nurazizah, Fiki (2022) Kajian metaanalisis model pembelajaran dengan pendekatan saintifik terhadap peningkatan hasil belajar kognitif materi virus kelas X. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Wahyuningsih, Ema Nur (2022) Hubungan regulasi diri dalam belajar dengan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi ilmiah siswa kelas XI SMA pada Mata Pelajaran Biologi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Suganda, Gilang Aji (2022) Analisis pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran biologi SMA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Fitriyani, Eka Nur (2022) Hubungan kemandirian belajar dengan higher order thinking skills (HOTS) siswa kelas X Madrasah Aliyah Nurul Quran Pucakwangi Pati pada materi plantae. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Muflikhah, Muflikhah (2021) Integrasi Surat al-Baqarah ayat 205 dan Surat al-A'raf ayat 56 dalam mapel biologi SMA materi ekosistem. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Khuluq, Muhammad Jihan (2021) Pengembangan media mobile learning berbasis android dalam pembelajaran biologi pada materi struktur dan fungsi sel kelas xi SMA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Rohmah, Noor (2021) Pelaksanaan pembelajaran biologi menggunakan pendekatan saintifik yang mengintegrasikan nilai islam dengan sistem jarak jauh di MA Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Suffah, Fella (2021) Pengembangan booklet pop up dengan model inkuiri untuk meningkatkan higher order thinking skills siswa kelas XI pada materi jaringan hewan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Nuraeni, Imtyyas Yumna (2021) Pengembangan perangkat pembelajaran online berbasis Wordpress pada materi sistem koordinasi sebagai alternatif pembelajaran di masa pandemi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Hidayah, Vika Rachmania (2021) Pengembangan petunjuk praktikum biologi kelas X MIPA sebagai alternatif pelaksanaan praktikum mandiri selama pandemi Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Muyasaroh, Ulfatun (2021) Analisis kemandirian belajar dan kemampuan literasi digital pada pembelajaran biologi siswa MAN di Kabupaten Grobogan pada era pandemi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Khasanah, Elvi (2020) Analisis penilaian siswa terhadap pembelajaran biologi daring sebagai implementasi konsep edukasi 4.0 kelas XII MIPA MAN Kendal pada masa pandemi Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Anam, Faisal (2020) Hubungan pemahaman mata kuliah keagamaan dan keterpaduan iptek dalam Islam terhadap kemampuan mengintegrasikan nilai Islam dalam RPP pada mahasiswa Pendidikan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Jamil, Aisyah Ummu (2020) Pengembangan media pembelajaran big book untuk meningkatkan kemampuan high order thinking skill siswa SMP Muhammadiyah 03 Karangpandan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Oktafiani, Alfi Ristanti (2019) Efektivitas model pembelajaran siklus 5E terhadap kemampuan berfikir tingkat tinggi pada materi virus siswa SMA Negeri 16 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Yusuf, Arief Budiono (2019) Efektivitas penggunaan bahan ajar berbasis QR code (quick response code) dengan model pembelajaran cooperative learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi virus kelas X SMAN 2 Semarang tahun pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Mufidah, Ummu Aliyyatul (2019) Pengembangan LKPD dengan strategi pembelajaran relating, experiencing, applying, cooperating, transferring (REACT) berintegrasi nilai Islam untuk peningkatan kemampuan memecahkan masalah siswa pada materi ekosistem. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Fitriyah, Laily (2019) Pengembangan bahan ajar biologi dengan pendekatan SRETS (science, religious, environment, technology, and society) pada materi sistem imun kelas XI MA Sunniyyah Selo Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Syafrida, Elza Noor (2019) Pengaruh buku teks berbasis pendekatan saintifik dan representasi visual dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem respirasi manusia di SMA Muhammadiyah 01 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Perkasa, Ardian Teguh (2019) Pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran pendekatan saintifik dengan analogi sains dalam pembelajaran biologi materi substansi genetik di kelas XII. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Anam, Muhammad Khoirul (2016) Efektifitas pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) menggunakan media gambar cetak dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs Heru Cokro Sinanggul Kabupaten Jepara materi pokok interaksi antar komponen ekosistem. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Ma’arif, Samsul (2016) Peningkatan hasil belajar Biologi materi pokok ekosistem dengan metode TAI (Team Assisted Individualization) pada siswa kelas X MA Al Hadi Girikusuma tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Halim, Abdul (2015) Eksplorasi nilai pendidikan Biologi berwawasan lingkungan dalam tradisi “Budidaya Tyto Alba” desa Tlogoweru Kecamatan Guntur Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Aslamiyah, Aminatul (2015) Analisis pembelajaran materi pokok invertebrata berbasis pendidikan karakter kelas X M.A. Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Ni’mah, Lya Fatihatun (2015) Persepsi siswa mengenai kompetensi guru dalam menanamkan nilai-nilai keislaman untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi di kelas X IPA MA Miftahul Huda Kecamatan Tayu Kabupaten Pati tahun 2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Naelunnajah, Naelunnajah (2014) Efektivitas pengelolaan laboratorium biologi dalam mendukung pelaksanaan pembelajaran biologi di MAN Rembang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
Hidayah, Nurul (2014) Efektivitas kolaborasi strategi pembelajaran PQ4R dengan team quiz terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
Sofiyana, Izzanita Lutfiani (2014) Hubungan tipe gaya belajar dengan pencapaian prestasi akademik mahasiswa Tadris Biologi angkatan 2010-2013 IAIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
Rohman, Mufti Ulinnuha (2014) Integrasi nilai-nilai Islam dalam materi pokok ekologi mata pelajaran biologi di MAN Purwodadi Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
Khotimah, Khusnul (2014) Korelasi konsep diri dengan prestasi belajar IPA terpadu siswa kelas VIII MTs. Riyadlotul Ulum Kunir Dempet Demak tahun 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
Najjah, Wi Indah Subkhiyatin (2014) Pengaruh nilai micro teaching terhadap kemampuan mengajar Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa S1 program studi Tadris Biologi angkatan 2010 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
Hakim, Fuad Khoerul (2014) Kepemimpinan kepala sekolah dalam menerapkan manajemen berbasis sekolah pada MA NU 01 Banyuputih Batang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN WALISONGO SEMARANG.
Adkhiyah, Afridatul (2013) Analisis standar proses pembelajaran biologi kelas VIII di MTs Ma’arif Arrosyidin Pabelan Pancuranmas Secang Magelang tahun pelajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
Asriyani, Ismy (2013) Studi komparasi metode pembelajaran synergetic teaching dengan metode pembelajaran listening team terhadap hasil belajar peserta didik materi pokok animalia kelas X Madrasah Aliyah Darul Ulum Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
Khusairi, Abdullah (2013) Implementasi pendekatan SETS dan pendidikan karakter dalam pembelajaran biologi materi pokok sistem reproduksi manusia terhadap minat belajar dan keaktifan siswa kelas XI SMA Islam Hidayatullah Semarang tahun ajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
Zubail, Dien Rosiana (2013) Korelasi antara tingkat perhatian orangtua siswa dan hasil belajar dalam mata pelajaran Biologi Kelas X Semester Gasal di MAN Pemalang tahun ajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
Mustafidah, Nurul (2013) Pengaruh persepsi siswa tentang guru dalam penggunaan media pembelajaran CD interaktif terhadap hasil belajar Biologi materi pokok virus Kelas X MA Mathalibul Huda Mlonggo Jepara Tahun Ajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
Laila, Kurnia (2013) Studi komparasi hasil belajar penggunaan metode pembelajaran jigsaw dengan metode pembelajaran picture and picture dalam pembelajaran biologi materi pokok sistem gerak pada manusia kelas VIII SMP Negeri 4 Jepara tahun pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
Alviana, Liyla (2013) Efektifitas model talking stick dalam pembelajaran biologi materi fungsi dan struktur tumbuhan yang terintegrasi al-Quran surat al-An’am terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA MA Hidayatus Syubban Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
Rifqoh, Siti (2012) Pengaruh persepsi siswa tentang kinerja guru IPA terpadu terhadap hasil belajar siswa kelas IX MTs NU 20 Kangkung Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
Asyrofahnti, Novita (2012) Korelasi antara pengetahuan gizi dan pola makan sehari-hari dengan indeks prestasi mahasiswa tadris biologi angkatan 2011 fakultas tarbiyah IAIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
Sa’adah, Nur (2012) Hubungan penguasaan materi sistem ekskresi dengan keaktifan siswa dalam praktikum kelas XI IPA di Madrasah Aliyah Futuhiyyah 2 Mranggen. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
Sucipto, Agus (2012) Hubungan keaktifan siswa dalam analisis pemecahan masalah melalui implementasi model pembelajaran make a match dengan hasil belajar mata pelajaran biologi kelas XI materi pokok sistem ekskresi pada manusia di SMA Negeri 1 Balen Bojonegoro. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
Utami, Ruslya (2012) Hubungan nilai UAN IPA terpadu SMP/MTs dengan hasil belajar biologi kelas X semester gasal peserta didik Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Pucakwangi Pati tahun pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
Susilaningrum, Sri (2011) Analisis permasalahan siswa dalam memahami pelajaran IPA biologi kelas VII kompetensi dasar mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme di SMP At-Thohiriyyah Semarang tahun ajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
Ta’mirul Khikmah, Baeti (2011) Daya dukung laboratorium biologi Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Tegal dalam menunjang pelaksanaan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
Fariidah, Jauharotul (2011) Efektivitas kolaborasi strategi pembelajaran LSQ (Learning Start with a Question) dan IS (Information Search) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok filum chordata kelas X MA Mazro’atul Huda di Demak tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
Tirtana, Edy Arif (2011) Studi komparasi prestasi belajar biologi antara siswa yang menjadi anggota Palang Merah Remaja (PMR) dan yang tidak, pada siswa kelas XI IPA MA Walisongo Pecangaan Jepara tahun ajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
Khosi’in, Khosi’in (2011) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif teams-games-tournaments (TGT) pada mata pelajaran biologi materi pokok kingdom animalia kelas X DI MA NU 03 Sunan Katong Kaliwingu Kendal tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
Mubarok, Laily (2011) Efektivitas penggunaan media Internet untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Biologi materi ekosistem kelas X MAN Semarang 1 tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
Suqron, Mohamad (2011) Efektifitas model pembelajaran berdasarkan masalah (problem based intruction) terhadap hasil belajar siswa materi sistem pencernaan di kelas XI MAN Kendal tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
Wahyono, Budi (2011) Analisis penilaian guru terhadap buku ajar biologi kelas X semester genap di Madrasah Aliyah (MA) kabupaten Kendal tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
Fauziati, Rini (2011) Relevansi kandungan Al Qur'an surat Ar Rum ayat 41 dengan pelestarian lingkungan pada mapel biologi materi pokok pencemaran lingkungan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.